(0274) 377091
Ind | Eng
TIPS MEMBAGI WAKTU KULIAH DAN ORGANISASI

TIPS MEMBAGI WAKTU KULIAH DAN ORGANISASI

  • Category: News
  • Date 02-08-2022

Sibuk kuliah bukan berarti tidak bisa aktif dalam berorganisasi. Berorganisasi dapat dijalankan oleh setiap mahasiswa asalkan pandai membagi waktu antara kuliah dan kegiatan lain. Kamu dapat mengikuti satu atau bahkan lebih kegiatan organisasi dengan membagi waktu secara tepat. Kegiatan ini dapat disesuaikan dengan perkuliahan, karena bagaimana pun kuliah tetap merupakan prioritas utama sebagai mahasiswa. Ada waktu untuk kuliah, mengerjakan tugas, mengikuti rapat organisasi, beristirahat, dan refreshing agar tidak stres.

Tetapi sering kali terjadi dalam berorganisasi, kita malah jadi susah dalam membagi waktu antara tugas kuliah dengan tanggung jawab dari organisasi yang dijalani. Apa saja cara agar kita bisa fokus ke banyak hal? Bagaimana membagi waktu antara kegiatan satu dan lainnya? Nah, kali ini mari sama-sama membahas bagaimana sih tips membagi waktu antara kuliah dan organisasi. Yuk simak ya!

  1. Menentukan Prioritas

 

 

 

                                        

 

Tentukanlah kegiatan yang benar-benar menjadi prioritas anda. Kuliah atau organisasi? Jawabannya ada pada diri anda sendiri. Kembali lagi pada tujuan utama Anda kuliah atau ikut organisasi. Tidak ada yang salah jika Anda ingin memprioritaskan salah satunya. Sejatinya, tujuan utama seorang mahasiswa adalah untuk kuliah dan lulus tepat waktu. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa organisasi membantu bersosialisasi di masyarakat, terlebih kalau organisasi tersebut sesuai dengan hobi. Anda dapat memilih organisasi yang bisa membuat nyaman dan dapat mengembangkan potensi yang ada pada diri kita. Untuk menentukan keputusan yang besar, setidaknya anda butuh masukan dari orang lain.

  1. Manajemen Waktu yang Baik

 

 
  Cara Mengatur Waktu Kuliah Sambil Kerja Agar Seimbang – Pintek Blog

 

 

Jika sudah memilih mana hal yang diprioritaskan maka selanjutnya selesaikan satu persatu pekerjaan kalian. Membagi dan mengatur waktu antara organisasi belajar dan aktivitas sosial merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan. Meski demikian, banyak dari kita yang hingga saat ini masih terkendala untuk membagi aktivitas akademik dengan organisasi kampus. Terkadang jadwal kuliah yang bentrok dengan organisasi sehingga harus memilih antara salah satunya. Jika hal itu terjadi kamu bisa mengatur ulang jadwal organisasi mu. Kalau tidak bisa maka kamu harus memilih salah satu diantara keduanya, dan melihat apakah kegiatan organisasi itu sangat penting bagi kamu atau tidak. Apabila terjadi jadwal kuliah bentrok, prioritaskan kuliah.

  1. Jangan Menunda Pekerjaan

Kebiasaan mahasiswa adalah senang menunda pekerjaan. Ini adalah sebuah kebiasaan buruk untuk Anda. Efeknya mungkin tidak terasa saat ini tetapi akan terasa di masa depan. Saat kita mengerjakan dalam waktu yang mepet makan hasilnya tidak akan maksimal. Bila Anda sudah masuk ke dalam sebuah organisasi atau komunitas masyarakat dan Anda diberi amanah untuk menjalankan kepemimpinan. Hal itu juga akan membuat diri kita menjadi pribadi yang tidak disiplin dan lamban dalam mengerjakan tugas. Maka jangan pernah menunda pekerjaan tersebut. Pastikan pekerjaan sudah sesuai dan terarah sehingga semuanya benar-benar terselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

  1. Berani Menolak Kegiatan Yang Tidak Penting

Dalam membagi waktu antara banyak kegiatan yang dilakukan pasti ada kalanya kita bingung dalam menentukan kegiatan mana yang bermanfaat atau tidak. Terkadang kita juga senang menunda bahkan meninggalkan hal yang seharusnya penting dan melakukan hal yang kurang penting. Saat kamu diajak untuk menghabiskan waktu kita untuk yang tidak penting, kita harus berani menolaknya. Ketika berani menolak sesuatu maka menunjukkan kekuatan dan ketangguhanmu terhadap suatu hal.  

  1.  
     

    Fokus Pada Tujuan Dan Masa Depan

Salah satu tips dan cara membagi waktu antara kuliah dan organisasi kampus secara maksimal adalah dengan motivasi. Salah satunya dengan cara merencanakan masa depan dengan organisasi dan jurusan kuliah yang sudah anda pilih. Paling tidak saat Anda menentukan prioritas itu artinya Anda sudah memiliki bayangan masa depan yang akan dijalankan nanti. Tentu saja hal ini semakin membuat Anda semangat agar bisa memaksimalkan setiap waktu supaya tidak terbuang secara percuma.

  1. Jalin Komunikasi yang Efektif

Bila Anda ingin menyampaikan sebuah hal yang mendesak namun tidak bisa mengkomunikasikan dengan baik. Anda bisa dibilang gagal sebagai pribadi yang baik dimata orang lain. Misalnya besok diadakan ujian tengah semester. Nah di jam yang sama organisasi yang diikuti menuntut Anda untuk wajib hadir di agenda rapat yang penting. Di sinilah pentingnya Anda dalam berkomunikasi. Tentu saja dalam hal ini Snda lebih memprioritaskan kuliah. Anda bisa izin tidak bisa hadir mengikuti rapat karena kuliah.

  1.  
     

    Totalitas Diri

Di dalam kuliah maupun sebuah organisasi Anda harus punya totalitas diri yang terbaik. Bila Anda di dalam sebuah organisasi maka sebaiknya saat itu pula organisasikan diri Anda untuk masuk ke organisasi. Begitu pula dengan kuliah, sebaiknya Anda selalu fokus dan total dalam mata kuliah yang dipelajari. Saat Anda memiliki totalitas diri yang baik, maka Anda dapat menarik perhatian orang lain dengan kepribadian Anda yang total. Dalam hal ini yang diperlukan untuk awal totalitas diri yaitu keberanian dan juga keyakinan Anda untuk mencoba sehingga kempuan dan keberanian juga akan berkembang.

  1. Evaluasi Setiap Kegiatan Yang Dilakukan
     
     

Setiap kegiatan yang telah dilakukan baik itu kuliah ataupun organisasi perlu adanya evaluasi. Apakah kita telah melakukannya secara optimal atau apa saja hal yang menghambat kegiatan tersebut. Hal itu perlu adanya evaluasi sehingga kedepannya kita bisa memilih kegiatan mana saja yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan.

 

Bagaimana teman-teman, ternyata sangat mudah ya cara membagi waktu kuliah dan organisasi? Jadi, kalian bisa menerapkannya mulai dari sekarang ya. Jangan ragu, untuk bisa kuliah sambil berorganisasi. Karena, kalian akan merasakan manfaat keduanya saat masuk dalam dunia kerja. So, jangan ragu untuk mencoba cara diatas ya!

Share This

Comments